Cara Membuat Blog Supaya Populer dan Menghasilkan

Dunia teknologi membawa kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal tersebut telah menjangkau berbagai lini, bahkan bisa dijadikan ladang mencari uang. Salah satunya melui website atau blog, tetapi tidak bisa sembarangan. Ada rahasia membuat blog populer  dan menghasilkan yang bisa Kamu  coba.

Latar Belakang Menghasilkan Uang Melalui Blog

Zaman teknologi membuat peluang menghasilkan uang menjadi terbuka lebar. Cara mendapatkannya juga sangat variatif. Tinggal seberapa kreatif orang dalam menyalurkan hobi dan bakat mereka. Hal itu dikarenakan nilai jual yang dipasarkan berupa karya seperti tulisan.

Hal tersebut juga didukung dengan maraknya penggunaan gadget dalam keseharian setiap orang. Hampir semua menjadikan media internet seperti website sebagai sarana memperoleh informasi. Mulai dari penjelasan mengenai teknologi, dunia kuliner, travelling bahkan jual-beli dan sebagainya.

Gaya hidup kebanyakan orang yang telah berubah membuka peluang menghasilkan uang lebih mudah. Terutama bagi yang gemar menulis atau mengulas sesuatu. Dari konten-konten tersebutlah pendapatan secara online bisa didapatkan karena menarik pengiklan untuk memasarkan produknya.

Namun, realita tersebut terbilang tidak mudah diaplikasikan. Pasti hampir setiap orang yang bergerak dibidang itu mengalami kendala. Sebenarnya terdapat rahasia membuat blog populer  dan menghasilkan untuk mengatasi permasalahan yang ada dan akan dijelaskan di bawah ini.

Langkah untuk Membuat Blog Populer  dan Menghasilkan Uang

Salah satu masalah yang dialami para blogger, terutama kalangan pemula ialah  nama situsnya yang tidak dikenal banyak orang. Hal tersebut membuat jumlah page views mereka kecil sehingga iklan sulit masuk dan peluang kerjasama sedikit. Berikut akan dijelaskan cara supaya  blog populer .

Mulai Membuat Blog

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah  mulai membuat blog terlebih dahulu, Tidak akan muncul sebuah hasil bila  di awal perjalanan masih ada ketakutan. Maka sebaiknya buang pikiran buruk dan bulatkan saja tekad dalam hati.

Baik atau buruknya ialah  urusan belakangan karena pasti hasilnya kurang maksimal karena baru pertama kali. Alasannya tentu bila  ingin menjadi seorang blogger wajib memiliki platform. Maka sebaiknya mulai saja membuat situs terlebih dahulu.

Bila  kendalanya berupa masalah teknis, tentu hal tersebut bisa dipelajari sambil berjalannya waktu. Untuk dapat membuat konten yang bagus dan bermanfaat, seseorang harus melalui proses panjang. Bila  berbagai step dijalani pasti lama-kelamaan bisa menjadi blogger populer .

Memilih Platform Blog

Selanjutnya ialah  menentukan platform yang cocok untuk konten dan keinginan. Hal tersebut merupakan poin penting supaya  isi dari blog dapat semakin maksimal. Tentu masing-masing memiliki berbagai keunggulan serta kekurangannya sendiri.

Pilihlah karakter platform yang mau dipakai untuk diisi konten. Beberapa di antaranya yaitu Simbla, WordPress, Pixpa, Webflow, SnapPages, Bookmark dan lain-lain. Misalkan bila  suka mengotak-atik code Html sebaiknya memilih Blogspot karena menawarkan berbagai kustom tampilan.

Sedangkan untuk yang baru memulai sebaiknya menggunakan WordPress. Alasannya tentu karena memang menjadi platform dengan julukan user friendly dan akses gratis. Selain itu, Kamu  juga mudah bila  ingin mengganti tampilan atau tema meskipun tidak paham sama sekali tentang dunia tersebut.

Menciptakan Domain Blog

Setelah memulai dan memilih platform, maka langkah selanjutnya ialah  membuat domain untuk blog. Tentukan nama yang menarik supaya  situs tersebut mempunyai alamat dan bisa diakses secara online. Pastikan domain name pada web jelas dan sesuai dengan isi kontennya.

Bila  hal tersebut dilakukan, maka lama-kelamaan pasti jumlah page views akan meningkat dengan sendirinya. Setelah dipastikan sesuai selanjutnya ialah  melakukan konfigurasi. Sebagai contoh, apabila orang yang baru mulai menulis tentu menggunakan platform WordPress.

WordPress sendiri memiliki sejumlah menu yang kompleks dibanding platform lain. Tetapi hal tersebut justru akan memudahkan konfigurasi keyword dan konten. Sehingga kaitannya dengan Search Engine Optimizer atau SEO bisa maksimal dan blog akan mudah diakses pengguna internet.

Kreasikan Blog supaya  Menarik

Langkah berikutnya supaya  blog menjadi populer  dan menghasilkan ialah  memperhatikan visual. Buatlah tampilan sekreatif mungkin supaya  menarik perhatian pengunjung situs. Tetapi teta sesuaikan dengan isi konten yang ada didalamnya.

Setelah konfigurasi dari segi konten dan domain, bila  visual dari blog menarik pasti nilai tampilannya juga akan meningkat. Pilihan yang sesuai akan dengan mudah menarik perhatian pembaca.

Beberapa platform memiliki kemudahan untuk mengopreknya sesuka hati.

Tentu hal tersebut menjadikan blogger yang masih terbatas pengetahuannya tentang teknis menjadi terbantu. Atau mungkin ada juga penggunaan Blogspot tetapi belum begitu paham juga bisa diatasi. Tentu solusinya ialah  melalui berbagi tutorial yang tersebar di Internet, misalkan Youtube.

Buat Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Langkah berikutnya ialah  terkait masalah kontennya. Dimana perhatian khusus perlu ditujukan supaya  isinya menarik dan juga membawa dampak manfaat bagi orang lain. Bila  hal tersebut dikerjakan maka bukan tidak mungkin blog akan memiliki banyak views.

Secara prinsip umum semakin menarik, menghibur atau memberikan manfaat, tentu peminatnya jauh lebih tinggi ketimbang yang biasa-biasa saja. Selain itu, sebagai pembuat konten tentu memiliki rasa tanggung jawab terhadap hasil tulisan.

Tentu karena bisa saja hasil karya tersebut dijadikan patokan atau dasar informasi seseorang. Selain memastikan isinya bermanfaat, penting juga untuk menghindari konten jiplakan. Bila  keaslian terjaga pasti bisa menjadikan blog memiliki citra baik dimata pembaca.

Memiliki Target Pembaca Blog

Cara membuat blog populer  bukan hanya dari masalah teknisnya saja yang baik. Namun, faktor lainnya juga penting diperhatikan. Seperti penjelasan pada poin ini yaitu memastikan blogger mempunyai target pembaca yang jelas.

Hal tersebut jarang sekali dipertimbangkan terutama bagi blogger-blogger baru. Kebanyakan mereka hanya memikirkan urusan teknis, seperti yang tadi dijelaskan di atas. Meliputi judul, domain, tampilan, tema dan isi konten.

Tentu saja faktor teknis merupakan hal yang penting karena menjadi dasar. Namun, biasakan supaya  tidak selalu memfokuskan pada masalah tersebut saja. Bila  seorang blogger memiliki target pembaca, pasti bisa menjadi sarana membangun komunitas supaya  situs bisa berkembang luas.

Membangun Kedekatan Kepada Pembaca

Langkah terakhir ialah  membangun kedekatan lebih dengan para pembaca. Hal tersebut bisa dijalin lewat komunikasi misalkan berbalas komentar pada kolom comment. Pastikan untuk selalu merespon apa yang dikatakan pengunjung blog.

Hal tersebut akan membuat pembaca merasa lebih dihargai. Maka pertama-tama setelah blog terbentuk dan mulai berjalan, secara statistik pasti berubah. Tentunya perubahan perlu dilakukan dengan tujuan untuk mendekati pembaca,

Selain itu, juga bisa dengan mulai membangun komunitas. Bahkan bila  hanya sekedar memberikan para pembaca dengan julukan tertentu penting untuk dilakukan. Intinya supaya mereka kembali mengunjungi blog lagi. Dengan begitu, tentu output yang didapat ialah  berkembangnya situs.