Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance

Salah satu profesi yang paling banyak diminati seiring dengan popularitas blog ialah  penulis artikel freelance. Banyaknya permintaan artikel orisinil dari blogger yang bertujuan menghasilkan uang dari blog membuat jasa penulisan artikel kebanjiran order. Apalagi bila  melihat sengitnya persaingan antar blogger, artikel berkualitas benar-benar menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh blogger yang bermimpi untuk sukses mengembangkan blog mereka.

Bagi Kamu  yang merasa mampu menulis artikel berkualitas dengan berbagai topik, tentu saja hal ini menjadi peluang besar untuk mulai menghasilkan uang. Sayangnya, sangat jarang artikel yang membahas tentang pengelolaan jasa penulisan artikel dalam bahasa indonesia. Oleh karena itu, saya akan mencoba menjelaskan langkah demi langkah untuk memulai jasa penulisan artikel.

Setelah Kamu  membaca artikel ini, saya berharap Kamu  memiliki paradigma baru dan pengetahuan tentang menjadi penulis artikel freelance. Tidak sulit, tapi tetap butuh perencanaan yang matang supaya  Kamu  benar-benar menghasilkan uang dari bisnis yang satu ini.

Syarat Menjadi Penulis Artikel Freelance

Tujuan dari penulis artikel freelance ialah  membantu blogger lain menghasilkan tulisan berkualitas. Itu berarti tidak semua orang bisa mendirikan jasa penulisan artikel karena menulis artikel berkualitas tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi supaya  Kamu  menjadi penulis artikel freelance yang profesional. Berikut ialah  syarat-syaratnya :

  1. Mencintai Aktivitas Menulis

Ini ialah  syarat mutlak. Bagaimana pun juga, hanya orang-orang yang mencintai aktivitas menulis saja yang akan bertahan di industri ini.

Pekerjaan menulis artikel tidak semudah yang Kamu  bayangkan. Perlu dedikasi tinggi supaya  Kamu  mampu mencapai standart yang ditetapkan oleh blogger lain. Selain itu, tanpa kecintaan terhadap aktivitas menulis, Kamu  akan segera bosan. Setelah itu kejadian yang lebih buruk dan pasti terjadi ialah  menurunnya kualitas tulisan yang dihasilkan.

Kemudian, bagaimana supaya  kita mencintai aktivitas menulis?

Sayangnya saya juga tidak tahu jawaban dari pertanyaan sederhana diatas. Saya hanya tahu bahwa saya sangat menyukai aktivitas menulis lebih dari apapun juga. Tapi bila  boleh sedikit berteori, setidaknya ada 3 hal yang harus Kamu  lakukan supaya  bisa lebih mencintai aktivitas menulis:

  • Menulislah setiap hari – Latihan pertama yang saya lakukan supaya mencintai aktivitas menulis ialah  menulis setiap hari. Saat saya menulis, saya merasa senang. Dan perasaan seperti itu terus menyelimuti hati saya. Ketika saya mulai mencintai aktivitas menulis, ternyata saya bisa menulis lebih banyak dari sebelumnya.
  • Membaca artikel-artikel tentang menulis – Banyak artikel yang membahas tentang tips-tips menulis beredar di dunia maya. Kalau Kamu memiliki waktu luang, bacalah artikel-artikel tersebut. Pada akhirnya, pengetahuan Kamu  tentang menulis akan membuat Kamu  penasaran. Kamu  akan bertanya “ dapatkah saya menerapkan tips menulis tersebut?”. Ini langkah yang bagus untuk membuat Kamu  mencintai aktivitas menulis.
  • Tulis pengalaman menulis Kamu  – Mendokumentasikan pengalaman-pengalaman menulis akan membuat Kamu mengetahui kekurangan tulisan yang Kamu  buat. Kamu  akan mulai memahami bahwa tidak ada tulisan yang benar-benar sempurna. Itu akan membuat Kamu  terus menyempurnakan gaya menulis Kamu . Dan tentu saja, Kamu  akan lebih mencintai aktivitas menulis.
  1. Kreativitas akan Sangat Membantu

Dalam dunia kepenulisan, kreativitas akan memegang peranan besar. Bila  Kamu  sering mencari informasi di dunia maya, Kamu  akan mulai menyadari bahwa informasi yang satu dengan yang lainnya tidaklah jauh berbeda. Satu-satunya hal yang bisa disimpulkan ialah  para penulis artikel tersebut memakai kreativitasnya sehingga membuat tulisannya berbeda dengan penulis lain. Sebagai penulis artikel freelance, Kamu  dituntut untuk kreatif dalam menyabila n informasi. Bahkan ketika pelanggan Kamu  menginginkan artikel dengan judul yang tidak masuk akal.

  1. Mampu Bekerja Dalam Tekanan

Menulis untuk diri sendiri sangat berbeda dengan menulis untuk orang lain. Ada semacam perasaan tertekan dan kekhawatiran pada diri saya ketika pertama kali mengerjakan artikel pesanan. Saya benar-benar tertekan. Bagaimana bila  artikelnya jelek? Atau apakah pelanggan akan puas dengan artikel yang saya buat? Dan banyak lagi pertanyaan yang membuat saya khawatir.

Belum lagi ditambah dengan batasan waktu yang sudah disepakati bersama. Artikel yang dipesan harus selesai dalam waktu seminggu. Itu juga memberi sedikit tekanan pada mental penulis artikel baru seperti saya.

Jadi, seandainya Kamu  ingin menjadi penulis artikel freelance, pastikan mental Kamu  siap menghadapi tekanan yang pasti akan terjadi. Tapi tenang saja. Seiring berjalannya waktu, Kamu  akan mulai terbiasa dengan tekanan. Bagaimana pun juga, pengalaman memang guru yang terbaik.

  1. Memiliki Banyak Gaya Menulis

Saya tahu apa yang Kamu  pikirkan. Penulis yang baik memang sebaiknya hanya memiliki satu gaya menulis saja. Mengembangkan satu gaya menulis akan membuat kita mampu dengan cepat meningkatkan kemampuan menulis yang kita miliki.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi penulis artikel. Bila  Kamu  ingin sukses di bisnis ini, Kamu  harus mengembangkan banyak gaya menulis. itu karena pesanan dari pelanggan sangat berbeda. Ada yang ingin tulisannya sederhana, ada yang ingin tulisan SEO, ada juga yang ingin artikelnya menggunakan referensi terpercaya. Akan sulit bagi Kamu  memenuhi keinginan pelanggan dengan mengkamu lkan satu gaya menulis.

Perlu saya ingatkan, Kamu  tidak akan pernah populer karena artikel yang Kamu  buat akan diterbitkan dengan nama orang lain. Ini ialah  konsekuensi dari penulis artikel freelance. Jadi, jangan terlalu fokus mengembangkan satu gaya menulis.

  1. Disiplin dan Tekad yang Kuat

Supaya  Kamu  mampu memenuhi tenggat waktu yang diberikan oleh pelanggan, Kamu  harus mulai mendisiplinkan diri. Manajemen waktu akan sangat membantu dalam hal ini. Mulailah mengatur ulang jadwal kehidupan Kamu . Carilah waktu luang yang cocok untuk digunakan menulis. Entah itu untuk latihan menulis, atau untuk mengerjakan artikel pesanan. Semua harus teratur.

Selain itu, Kamu  harus punya tekad yang kuat untuk mengembangkan bisnis penulisan artikel. Akan ada banyak hambatan yang akan Kamu  hadapi. Tanpa tekad yang kuat, bisnis ini tidak akan mampu berjalan dengan baik-baik saja.