Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance

Bisnis ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kamu  hanya membutuhkan koneksi internet, seperangkat komputer, dan sedikit kemampuan manajemen. Selebihnya Kamu  hanya perlu berdo’a supaya  bisnis yang Kamu  jalankan berjalan sebagaimana mestinya.
Berikut ialah langkah-langkahnya :

  1. Cari Banyak Informasi Tentang Penulis Artikel Freelance

Seperti bisnis internet lainnya, ada banyak tips dan trik supaya  kita bisa menjadi penulis artikel freelance yang sukses. Sedikit informasi akan sangat membantu Kamu  untuk mengembangkan bisnis ini. Yang sangat disayangkan ialah berbagai informasi tentang penulis artikel freelance masih sangat jarang dibahas dalam bahasa indonesia. Jadi, Kamu  perlu membaca referensi dalam bahasa inggris dan melakukan berbagai penyesuaian supaya  bisa berjalan sesuai rencana. Cari informasi sebanyak mungkin. Kemudian adaptasi. Rencanakan bisnis Kamu  dengan matang. Mulailah menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Berapa harga yang Kamu kenakan?
  • Berapa tinggi tingkat persaingannya?
  • Bagaimana cara melakukan pemesanan artikel?
  • Berapa banyak artikel yang bisa Kamu buat dalam seminggu?
  • Topik apa yang Kamu kuasai?

2.Buatlah Sebuah Blog

Ada satu hal yang selalu membuat saya merasa bosan setiap kali saya menawarkan jasa menulis artikel di beberapa forum yang saya ikuti, calon pelanggan selalu meminta contoh artikel. Itupun kadang-kadang mereka tidak jadi memesan artikel ha ha ha….

Oleh sebab  itu, buatlah blog. Setiap kali calon pelanggan meminta contoh artikel, saya selalu mengarahkannya ke blog ini. Adapun topik yang saya kuasai (pertanyaan dari pelanggan), saya mengatakan “carilah di blog saya. Bila  Kamu  menemukan topik tersebut di blog saya, maka artinya saya mampu menulis topik tersebut”.

Selain itu, blog juga memiliki fungsi lain. Untuk berlatih menulis dan mempromosikan jasa penulis artikel yang saya miliki. Sejauh ini hasilnya cukup lumayan. Ada beberapa calon pelanggan yang menghubungi saya berkaitan dengan jasa yang sudah saya jalankan selama 6 bulan ini. Meskipun kebanyakan hanya bertanya dan tidak terjadi kesepakan, saya cukup puas menjalankan keisengan saya menjalankan bisnis ini he he he…

  1. Kamu Perlu Sedikit Pengetahuan Tentang SEO

Setelah Kamu  mempunyai blog, sekarang kini saatnya Kamu  mempelajari SEO. Dengan SEO, blog Kamu  akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan jasa penulis artikel. Lagipula kebanyakan blogger lebih menyukai artikel yang SEO friendly.

Tidak perlu tergesa-gesa. Kamu  bisa mempelajari SEO pada waktu luang yang Kamu  miliki. Carilah informasi tentang SEO, kemudian baca dan pelajari. Langkah selanjutnya ialah mempraktikannya. Buatlah artikel Kamu  muncul di halaman hasil pencarian. Itu akan meningkatkan jumlah pengunjung Kamu  secara signifikan. Dan itu bisa diartikan semakin banyak orang yang mengetahui bahwa Kamu  menjalankan bisnis penulis artikel lepas.

Sekarang Kamu  mulai terbiasa dengan SEO, Kamu  akan menyukainya. Begitu pula dengan pelanggan Kamu . Mereka akan senang bila  mengetahui bahwa artikel yang Kamu  buat sudah dioptimasi sedemikian rupa sehingga bisa ditemukan dengan mudah untuk kata kunci tertentu.

  1. Promosikan Jasa Menulis Kamu dan Temukan Lebih Banyak Pelanggan

Bisnis apapun yang berkenaan dengan internet tidak akan lepas dari yang namanya internet marketing. Selain SEO yang bagus, Kamu  bisa menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan bisnis menulis yang Kamu  jalankan.

Mulai dari yang paling sederhana, hubungi teman-teman blogger Kamu  dan katakan bahwa Kamu  memliki bisnis menulis. Semakin banyak orang yang tahu, Semakin besar pula kesempatan Kamu  mendapatkan pelanggan. Biasanya promosi dari mulut ke mulut mendapatkan konversi terbesar dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, jangan malu untuk mengatakan pada orang-orang yang Kamu  kenal bahwa Kamu  ingin menjadi penulis artikel freelance.

Sekamu inya Kamu  punya dana lebih, Kamu  bisa memasang iklan. Cukup banyak iklan yang bisa Kamu  gunakan. Yang paling populer dan paling terjangkau ialah periklanan milik google dan FB Ads. Cari informasi dan pelajari bagaimana menggunakan iklan secara efektif.

Cara promosi lainnya yang biasa saya gunakan ialah aktif di forum-forum blogger. Target utama jasa kepenulisan ialah para blogger yang tidak punya cukup banyak waktu untuk menulis artikel berkualitas. Jadi, promosi di forum-forum bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatka pelanggan. Satu-satunya yang harus Kamu  lakukan ialah aktif menjawab pertanyaan di forum yang Kamu  ikuti. Setelah Kamu  cukup terkenal, mulailah mempromosikan jasa Kamu .

  1. Pilih Tawaran yang Paling Mudah

Setelah Kamu  memiliki blog dan mempromosikannya dengan berbagai cara, Kamu  akan mulai menerima email penawaran dari banyak blogger. Saran saya, jangan serakah. Pilih tawaran yang paling mudah untuk dikerjakan. Topik apa yang menurut Kamu  paling mudah ditulis?

Kamu  juga harus berani menolak tawaran yang menurut Kamu  terlalu sulit dikerjakan oleh penulis artikel pemula. Apapun yang terjadi, satu-satunya yang harus Kamu  pastikan ialah kualitas artikel yang Kamu  buat. Kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas tertinggi. Ingat itu!

  1. Negosiasi Harga

Sebenarnya ini hal sepele. Ketika Kamu  mulai mendapatkan tawaran yang menarik, saatnya Kamu  menentukan berapa harga yang akan Kamu  gunakan pada pelanggan. Saya terbiasa menentukan harga berdasarkan topik yang ditawarkan. Bila  topiknya sulit dikerjakan, harganya akan mahal. Sebaliknya, bila  topiknya mudah, saya akan memberi harga yang murah.

Seiring berjalannya waktu Kamu  akan mulai terbiasa melakukan negosiasi dengan para pelanggan. Jadi, jangan khawatir dan santai saja.

Kesimpulan

Menjadi penulis artikel freelance itu mudah. Tapi jangan meremehkannya. Kamu  harus tetap fokus dan bersungguh-sungguh supaya  tidak mengecewakan pelanggan. Selain itu, butuh waktu yang lama untuk membuat bisnis yang Kamu  jalankan mempunyai brand tertentu di mata para blogger. Jadi, tetap konsiten menulis artikel berkualitas.