Inilah Cara Yang Bisa Di Pakai Sebagai Sumber Pendapatan Blogger

Pada pembahasan kali ini akan diterangkan tentang sumber pendapatan dari media blog. Tentu hal ini penting diketahui supaya  bisa memaksimalkan usaha dalam konten. Berikut beberapa daftar beserta penjelasannya:

Iklan

Ladang pertama untuk mendapatkan uang lewat internet ialah  melalui iklan. Dimana memiliki beragam program dan layanan dari beberapa perusahaan. Masing-masing memiliki keunggulan dan metode sendiri dalam konversi penayangan iklan ke dalam penghasilan.

Secara umum prinsip kerjanya sama dengan iklan pada koran. Pihak yang memiliki produk akan mencari tempat untuk menayangkannya supaya bisa laku dan diketahui banyak orang. Maka blog tersebut berlaku sebagai ads space, kemudian bayaran akan diberikan.

Namun, hal tersebut tetap bergantung pada traffic blog. Semakin padat artinya banyak orang yang mengunjunginya, maka bayaran untuk ruang iklannya bernilai tinggi. Google Adsense merupakan salah satu media distributor paling besar dan bisa dipilih.

Afiliasi

Tempat kedua yang merupakan sumber pendapatan ialah  melalui afiliasi. Maksudnya ialah  menyediakan tulisan konten sebagai media pengarah kepada situs lain. Biasanya berisi berbagai informasi dimana isinya mengajak melakukan sesuatu misalkan membeli dan lain sebagainya.

Intinya ialah  untuk memberikan influence kepada pembaca blog. Hal tersebut tentu bisa terjadi bila  situsnya populer  dan memiliki jumlah pageviews tinggi. Outputnya traffic pada web akan besar dan bisa jadi terbukanya perusahaan jual beli atau mereka yang butuh pengaruh.

Kebanyakan di antaranya terdapat komisi yang terlebih dahulu disepakati dari banyaknya pembaca melakukan klik. Kemudian baru dilakukan koversi dengan nominal tersebut. Maka memiliki pengunjung setia menjadi salah satu keuntungan tersendiri.

Pengadaan Event

Sumber penghasilan berikutnya untuk menghasilkan uang ialah  lewat event. Hal tersebut bisa sangat menjanbila n karena selain mendapatkan keuntungan finansial juga sikap loyal dari pembaca. Meskipun bukan merupakan bloger besar, sebaiknya Kamu  juga menjalankannya.

Pengadaan event tidak harus secara besar-besaran. Hal tersebut sangat mungkin dilakukan bahkan bagi blogger baru. Poin terpenting ialah  sudah memiliki pembaca tetap yang setia. Pendapatan bisa didapat dengan menerapkan sistem tarif.

Hal tersebut dapat menjadi pemasukan meskipun terbilang sepele. Bila  belum memiliki pengalaman sama sekali dalam penyelenggaraan, bisa dimulai dari pertemuan antara para blogger atau event berskala kecil-kecilan. Pendapatan gkamu  juga bisa diperoleh dari sponsor acara.

Layanan atau Jasa

Pelayanan dan jasa juga bisa dijadikan sumber penghasilan melalui blog. Hal tersebut didapatkan melalui penawaran yang dapat ditampilkan di situs. Beberapa jenisnya mulai dari konsultasi, penulisan, pelatihan atau lain-lain.

Tentu penawaran tersebut baru akan menghasilkan uang saat pembaca membutuhkannya. Biasanya mereka akan langsung menghubungi untuk mendapatkan layanannya dan bisa menambahkan biaya. Perumpaan tadi bila  posisi blogger menjadi narasumbernya langsung.

Bila  posisinya sebagai penghubung antara pihak narasumber dengan klien, maka pendapatannya berupa persenan uang. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai upah dari penawaran jasa atau layanan. Namun, memiliki massa pembaca blog dalam jumlah besar menjadikan peluang ini terbuka.

Produk

Sumber pendapatan bisa diperoleh dari blog melalui produk yang dijual blogger. Dimana hal tersebut terdiri dari banyak macam, tetapi umumnya berupa barang dan jasa. Di antaranya lampu tumbler, botol, gelas, set makanan, kaos atau apapun asal masih berhubungan dengan kegiatan blogging.

Salah satu yang paling menguntungkan ialah  menjual produk berupa buku. Memang dari segi pembuatannya membutuhkan waktu lama, bisa sampai bertahun-tahun. Hal tersebut terjadi karena isi dan kualitas tulisannya harus benar-benar bagus.

Namun, penjualan produk berupa buku memiliki keunggulan tersendiri bila  lapaknya berada di blog sendiri. Berbeda apabila melalui toko karena biasanya terdapat biaya tambahan. Misalkan saja margin dan juga berbagai pajak.

Recurring Income

Pendapatan melalui media online bisa didapatkan dari penerapan keanggotaan. Maksudnya seperti memisahkan antara pembaca yang umum dengan khusus melalui membership. Maka para pengikut setia blog akan mengeluarkan uang untuk menjadi seorang member resmi.

Bila  hal tersebut dijalankan, tentu saja pendapatan bisa bertambah seiring berjalannya waktu. Maka penggunaan sistem membership akan memberikan pemasukan berkelanjutan. Berbeda dengan penjualan produk maupun pengadaan event.

Dimana pendapatan hanya berlangsung saat diadakannya acara atau saat produk laku saja. Sedangkan, melalui sistem membership biasanya dalam beberapa minggu, bulan atau tahun penghasilan akan terus mengalir. Namun, blog tersebut harus populer  dan memiliki nama besar dulu.