Keistimewaan Jasa Penulis Artikel Freelance

Ini bagian yang paling saya suka. Menjadi penulis artikel freelance membuat seseorang memiliki banyak keistimewaan. Adapun keistimewaan-keistimewaan yang saya maksud ialah hal-hal berikut:

  1. Waktu yang Fleksibel

Ketika menjadi penulis artikel freelance, Kamu  memiliki banyak kebebasan. Kamu  tidak akan terikat oleh waktu. Kamu  bisa mengerjakan pesanan kapan pun Kamu  merasa siap. Entah itu malam hari sebelum Kamu  tidur atau pagi hari setelah Kamu  bangun tidur. Terserah Kamu . Tetapi Kamu  perlu memastikan satu hal, yaitu tenggat waktu. Penulis artikel freelance memiliki kesepakatan dengan pelanggan berkenaan dengan pertanyaan “kapan selesainya?”. Jangan pernah telat atau Kamu  akan kehilangan kredibelitas yang sedang Kamu  bangun.

2. Tempat yang Fleksibel

Kamu  tidak suka terikat dengan tempat ketika bekerja? Maka menjadi penulis freelance akan membuat Kamu  mendapat keistimewaan itu. Kamu  bebas memilih dimana tempat terbaik yang bisa menolong Kamu  mendapat ide menulis. Kamu  bisa menulis di kamar tidur, taman, perpustakaan kota, atau di kafe. Buat diri Kamu  nyaman. Pilih tempat menulis yang sesuai dengan karakter Kamu . Pastikan saja mental Kamu  siap mengerjakan artikel pesanan karena bagi penulis pemula, terkadang menulis untuk orang lain memberi tekanan tersendiri.

  1. Kamu Ialah Bosnya

Memang benar kita memiliki tanggung jawab kepada pelanggan ketika terjadi kesepakatan. Tapi tetap saja…., Kamu  ialah bosnya. Begitulah aturannya. Bagi saya, penulis artikel freelance tidak harus menerima semua tawaran pekerjaan. Saya menentukan dengan siapa saya bertransaksi atau kapan saya harus menolak tawaran karena perasaan sedang tidak ingin menulis. Memiliki sedikit kekuasaan terasa cukup menyenangkan sekali. Saya menyukai hal tersebut.

Bahkan pernah suatu kali saya menolak tawaran yang menggiurkan dari blogger yang sudah punya nama. Alasannya sih sedikit keterlaluan, karena saya takut tidak bisa memenuhi stkamu rt blogger tersebut. Tapi ya sudahlah. Meskipun Kamu  ialah bosnya, bila  Kamu  ingin sukses sebagai penulis artikel freelance, maka buatlah aturan untuk diri Kamu  sendiri. Itu agar Kamu  disiplin dan memiliki kebiasaan positif yang akan membantu Kamu  membangun karir sebagai penulis artikel freelance.

  1. Menghasilkan Uang yang Lumayan

Saya bukan penulis artikel profesional. Saya hanya iseng saja membuka jasa penulisan artikel. Pengelolaannya pun asal-asalan. Tapi saya harus mengakui bahwa penghasilan penulis artikel freelance kacangan seperti saya lumayan banyak. Paling tidak bisa membayar kuota internet selama satu bulan.

Jangan pikir dengan menjadi penulis artikel freelance Kamu  akan menghasilkan banyak uang tanpa kerja keras. Itu sesuatu yang mustahil. Menurut saya beberapa artikel tentang penghasilan penulis artikel freelance di internet terlalu berlebihan. Jadi, jangan berharap banyak dari pekerjaan yang satu ini. Tapi saya bisa menjamin bahwa pekerjaan ini memang benar-benar bisa menghasilkan uang. itu saja.

  1. Menjadi Sedikit Terkenal

Akan ada saat dimana orang-orang mulai mengakui Kamu  sebagai penulis freelance yang mampu menghasilkan tulisan berkualitas. Kamu  akan banyak dibicarakan dan menjadi sedikit terkenal. Sesuatu yang tidak saya sangka akan terjadi dalam hidup ini.

Seiring dengan bertambahnya orang yang menggunakan jasa saya, semakin banyak pula blogger yang mencoba jasa saya. Mungkin ini yang disebut pemasaran melalui mulut. Orang-orang dengan cepat merekomendasikan Kamu  kepada teman dekat, keluarga, atau rekan bisnisnya. Dan saat itu terjadi, Kamu  harus bersiap-siap mendapatkan banyak pertanyaan dan penawaran.

  1. Memperluas Jaringan Bisnis

Ini efek dari poin nomor 5. Setelah Kamu  terkenal, mendapatkan banyak pekerjaan, Kamu  akan memiliki banyak data tentang blogger lain. Daftar pelanggan ini sangat penting untuk memasarkan jasa menulis Kamu . Mungkin saat Kamu  mengadakan diskon harga, menguasai topik baru, atau mengadakan give away. Hubungi pelanggan Kamu , kebanyakan pasti akan merespon positif dengan tawaran yang Kamu  berikan. Ini yang disebut dengan jaringan bisnis.

Tetapi Kamu  harus hati-hati menggunakan kata-kata. Hubungan yang sudah terjalin dengan baik bisa rusak begitu saja bila  Kamu  terlalu agresif berpromosi. Paling tidak carilah beberapa bacaan yang membahas tentang mengembangkan jaringan bisnis agar Kamu  bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan konyol. Kamu  tidak akan percaya bahwa kebanyakan orang terlalu percaya diri sehingga tidak memikirkan bagaimana perilaku pelanggan mereka. Itu membuat mereka gagal. Dan bila  hal itu terjadi, pasti sulit untuk memperbaikinya.