Pengertian Website: Manfaat dan Jenis-Jenis Website

Istilah website tentunya sudah sangat familiar bagi mata dan telinga kita. Saya yakin, di masa ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sudah terbiasa mendengar, membaca, atau menggunakan istilah ini. Bahkan dalam sehari, kita bisa membaca ataupun mendengar kata website dituliskan ataupun dibicarakan berkali-kali.

Pengertian Website Secara Lengkap

Tapi apa sih sebenarnya website itu? ‘Pokoknya alamat di internet’, ‘Itu loh kalau mau buka internet’, ‘Yang diketik-ketik di atas itu loh’, mungkin banyak orang yang dengan gampangnya menjelaskan website demikian. Lalu bagaimana dengan kamu ? Jangan ikut-ikutan donk. Yuk simak artikel berikut untuk memahami apa itu website dan serba-serbinya.

Sejarah Website

Website pertama kali diciptakan oleh Sir Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan computer di Inggris. Berners lahir di London dari orang tua yang juga merupakan ilmuan computer di awal era kemunculan computer.

Setelah menyelesaikan kuliahnya di Oxford University, Berners bekerja sebagai software engineer di CERN, sebuah laboratorium fisika yang berada di dekat Jenewa, Swiss. Ketika para ilmuan hebat dari seluruh dunia berkumpul untuk menggunakan akseleratornya, Benners menemukan bahwa menre mengalami kesulitan ketika harus berbagi informasi satu sama lain.

Berners kemudian menuliskan tiga teori dasar yang hingga kini masih digunakan sebagai dasar pembuatan website :

HTML: HyperText Markup Language, ialah  bahasa format yang digunakan untuk membuat website.

URI: Uniform Resource Identifier, ialah  ‘alamat’ yang unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi etiap sumber daya yang ada di web. Saat ini lebih sering disebut sebagai URL.

HTTP: Hypertext Transfer Protocol, yang memungkinkan kamu  untuk mengambil kembali sumber daya yang terhubung dari seluruh web.

Pada akhir tahun 1990, website pertama akhirnya dibuka secara umum di internet. Orang-orang di luar CERN mulai bisa mengakses dan menggunakan manfaat website mulai tahun 1991, dan terus berlanjut hingga saat ini.

Pengertian Website Ialah

Website ialah  sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu, saling berhubungan, serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page). Pada umumnya, website berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio, video, maupun gabungan dari semuanya.

Umumnya   website ditempatkan pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet ataupun jaringan area lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut sebagai World Wide Web, atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.

Walaupun berada di area yang bisa diakses oleh public, tidak semua situs membebaskan public untuk mengaksesnya. Ada beberapa situs yang mengharuskan pengunjung untuk mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu, mewajibkan pengunjung melakukan pengisian data, atau bahkan melakukan pembayaran dengan nominal tertentu untuk suatu periode.

Pembatasan ini umumnya   dilakukan dengan berbagai alasan seperti keamanan, privasi, atau tujuan bisnis dan komersial. Contohnya bisa dilihat pada beberapa website yang menampilkan materi pornografi, situs berita, layanan email, forum, komunitas, dan lain-lain.

Website merupakan sebuah berkas yang ditulis sebagai berkas teks (plain text) yang diatur dan dikombinasikan dengan berbagai instruksi berbasis HTML atau XHTML, dan ada pula yang disisipi dengan sejumlah bahasa skrip. Berkas tersebut lalu diterjemahkan oleh peramban dan ditampilkan sebagai sebuah halaman pada monitor computer.

Pengguna bisa mengakses website tersebut melalui protocol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP. Nah selai HTTP, ada lagi istilah HTTPS. HTTPS ialah  sebuah protocol tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan privasi menjadi lebih baik.

Unsur-unsur Website

Website memiliki tiga unsur yang sangat vital. Masing-masing unsur ini memiliki peran yang sangat penting yang saling terkait satu sama lain. Tanpa salah satu unsur tersebut, website kamu  tidak akan pernah bisa ditemukan serta diakses oleh para pengguna di internet.

Ketiga unsur penting tersebut ialah  :

  1. Domain

Apabila kita mengkamu ikan website sebagai sebuah produk, maka domain ialah  brandnya. Domain yang menarik tentu akan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi website tersebut. Pemilihan nama domain yang unik juga akan membuat orang mudah mengingatnya, sehingga akan memudahkan ketika mereka bermaksud mengunjungi kembali website tersebut.

  1. Hosting

Hosting memliki peran yang sangat penting untuk menyimpan semua database yang diperlukan untuk menciptakan sebuah website. Data ini bisa berupa script, gambar, video, teks, dan sebagainya. Kamu  bisa mendapatkannya melalui berbagai penyedia jasa hosting yang ada. Umumnya   mereka akan berlomba-lomba memberikan penawaran yang terbaik dari sisi biaya, keamanan, kecepatan akses, ataupun keunggulan-keunggulan lain yang sekiranya kamu  butuhkan.

  1. Konten

Konten pada website dapat berupa teks, gambar ataupun video. Tanpa konten, bisa dibilang website tersebut tidak memiliki kehidupan. Kamu  harus menentukan sejak awal, konten seperti apa yang ingin kamu  tampilkan dalam website kamu .

Apabila dilihat dari konten yang ditampilkan, website bisa digolongkan ke dalam beberapa jenis : sosial media, website berita, website jual beli, komunitas, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Website

Sesuai definisinya, website hadir sebagai media untuk menampilkan informasi. Pada awalnya informasi yang dimunculkan hanya berupa tulisan, tetapi lama-kelamaan berkembang dengan pesat. Kamu  bisa menemukan berbagai jenis website yang menampilkan beragam informasi dengan sangat mudah.
Penggolongan website secara sederhana ialah  sebagai berikut :

  1. Website Pribadi

Kamu  tertarik untuk memiliki website pribadi? Bisa. Bahkan kamu  bisa mendapatkannya secara gratis, misalnya dengan menggunakan blogspot.com. Selain mudah digunakan, platform ini cocok untuk kamu  yang masih belajar atau memiliki budget yang sangat terbatas.

Tetapi kamu  harus ingat bahwa layanan website gratis umumnya   hanya memberikan resource yang sangat terbatas. Umumnya   lebih cocok untuk kamu  yang lebih banyak memuat tulisan, minim gambar, dan tanpa video. Selain itu, alamat website gratis ini umumnya   sangat sulit bersaing di mesin pencarian.

Apabila kamu  cukup serius, kamu  bisa mencoba membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting.

  1. Website Online Store atau Marketplace

Perkembangan marketplace di Indonesia saat ini sangat luar biasa. Tokopedia, Lazada, Zalora, BukaLapak, Shopee, dan masih banyak lagi. Semuanya eksis dan semuanya laris.

Kamu  tertarik untuk ikut membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda? Kalau iya, kamu  bisa membuatnya secara mudah dan cepat. Bahkan kamu  bisa membuatnya langsung bisa diakses oleh siapa saja melalui internet. Tentu saja dengan bantuan beberapa tools yang tepat.

  1. Blog

Blog umumnya   berisi sekumpulan artikel yang dibuat untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ide dari sang penulis. Siapapun bisa membuatnya, termasuk kamu . Kamu  hanya perlu membuat berbagai artikel yang berkualitas dan memuatnya secara konsisten.

Banyak atau tidaknya orang mengunjungi blog kamu  sangat tergantung kepada kualitas tulisan kamu , seberapa jauh tulisan kamu  memenuhi kebutuhan mereka, dan konsistensi kamu  untuk terus berbagi melalui blog yang kamu  miliki.

Manfaat Website

Lalu seberapa besar manfaat website untuk kehidupan kita? SANGAT BESAR.

Kamu  bisa mengakses sosial media menggunakan website. Kamu  bisa mencari berbagai informasi penting yang kamu  butuhkan melalui website. Kamu  bisa mengirim dan menerima email – baik bisnis maupun pribadi – melalui website. Kamu  bisa berbelanja online melalui website. Bahkan, kamu  bisa membaca tulisan ini pun melalui website.

Tentu saja masih banyak manfaat website yang bisa kamu  rasakan dan maksimalkan, misalnya :

  1. Membangun Branding

Memiliki website pribadi berarti kamu  memiliki wadah untuk membangun personal branding yang positif, kuat, dan terpercaya. Kamu  bisa menampilkan hasil karya dan portofolio kamu  baik berupa tulisan, foto, lukisan, music, desain grafis, atau apapun yang kamu  inginkan melalui website yang kamu  miliki.

Untuk membangun personal branding yang professional, pastikan kamu  hanya menampilkan hasil karya kamu , dan bukan sesuatu yang bersifat pribadi.

  1. Berbagi Ide, Cerita, Wawasan, dan Informasi

Jangan bilang kamu  belum pernah mendengar nama Raditya Dika atau Diana Rikasari. Dua nama ini berhasil melejit melalui karya-karya mereka di blog mereka masing-masing.

Novel-novel best seller karya Radit yang kemudian banyak difilmkan ini berawal dari blog. Sukses menarik perhatian public, salah satu penerbit besar lalu berinisiatif membukukan cerita-cerita Radit. Hasilnya? Penjualannya meledak dimana-mana. Setiap kali ada launching buku baru, antriannya mengular sampai ke jalanan.

Adapula Diana Rikasari dengan blognya yang berciri khas unik dan sedikit eksentrik. Apalagi ditambah dengan personal stylenya yang tidak jauh berbeda dengan blognya, sukses membawa Diana Rikasari menjadi salah satu fashionista sekaligus penulis best seller yang layak untuk diperhitungkan.

Itu baru dua contoh. Kamu  bisa coba mencari tahu nama-nama lainnya agar bisa menemukan role model yang tepat untuk kamu  sendiri.

  1. Menghasilkan Uang

Menghasilkan uang melalui website bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu  bisa menjadi blogger atau influesncer untuk mendapatkan berbagai tawaran kerjasama dan menerima berbagai endorsement. Selain mendapatkan produk, kamu  juga akan menerima bayaran dalam jumlah yang tidak kecil. Menggiurkan bukan?

Kamu  juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk mendapatkan uang tambahan. Cara kerjanya ialah  dengan mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website yang kamu  miliki. Setiap kali terjadi transaksi – atau ada peningkatan kunjungan – melalui website kamu , maka kamu  akan menerima komisi dalam jumlah tertentu.

Selain itu, kamu  juga bisa mendaftarkan website kamu  ke Google AdSense untuk memperoleh uang dari iklan yang ditampilkan oleh Google.

Nah cara lain yang pastinya sudah kamu  ketahui, dengan membuka toko online. Kamu  bisa menjual berbagai produk dan jasa melalui website yang kamu  miliki. Belakangan orang lebih memilih untuk berbelanja online karena berbagai pertimbangan : lebih praktis, hemat waktu, bisa membandingkan harga antar toko, dan masih banyak lagi. Tidak ada salahnya kamu  menjajaki peluang ini.

Kamu  tertarik memiliki website kamu  sendiri? Caranya cukup mudah kok. Kamu  tidak perlu menjadi developer atau programmer, atau bahkan memiliki pengetahuan coding sekalipun. Kamu  bisa memulainya dengan menggunakan WordPress. Platform ini akan memungkinkan kamu  untuk membuat website hanya dalam hitungan menit.

Yang perlu kamu  lakukan hanyalah membeli web hosting, memilih tema yang kamu  inginkan, menginstall plugin yang penting, dan voila.. website kamu  sudah siap untuk digunakan!